3 Sifat Negara : Memaksa, Monopoli dan Menyeluruh

Negara dalam bahasa Inggris adalah state, dalam bahasa Perancis disebut dengan etat, dan dalam bahasa Latin disebut dengan statum. Prof. Dr. Djokosoetono menyebutkan bahwa negara merupakan suatu kumpulan orang-orang yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Sementara itu secara luas negara dapat diartikan sebagai suatu kumpulan orang yang telah mempunyai kehendak/tujuan yang sama guna membangun masa depan bersama-sama. Negara dibangun oleh kelompok masyarakat yang memiliki rasa senasib dan sepenanggungan untuk menjalankan hidup bersama didalam suatu wilayah yang ada batas-batasnya, kelompok masyarakat itu juga membentuk organisasi besar yang memiliki pemerintahan yang sah untuk mengatur warga negaranya. Baca lebih lanjut tentang pengertian lain negara dalam artikel : Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatannya, kehormatan serta kelangsungan hidupnya, negara mempunyai beberapa sifat-sifat yaitu : 

1. Memaksa
Maksud dari sifat memaksa adalah suatu negara memiliki kewenangan untuk mewajibkan (memaksa) warga negaranya patuh dan taat pada peraturan perundang-undangan dalam suatu negara. Warga yang melanggar maka dapat dikenai sanksi atau hukuman.

2. Monopoli
Monopoli sering dikaitkan dengan ekonomi, negara memang berhak memonopoli rakyatnya. Dengan kata lain negara memiliki kewenangan untuk mengatur arah perjuangan atau menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara tersebut.

3. Menyeluruh/Mencakup Semua
Sifat menyeluruh berarti bahwa setiap negara mempunyai kewenangan untuk memberlakukan semua peraturan yang telah dibuat dan diperuntukkan oleh semua warga negara tanpa terkecuali.

Sumber referensi : 
  1. Sifat-sifat Negara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Yang Dimaksud dengan Negara Kesatuan?

Yang Dimaksud Dengan APBN