Yang Dimaksud Dengan APBN

Diberita - berita di TV sering banget kita mendengar yang namanya APBN, biasanya sih pada saat berita-berita politik seperti presiden, DPR atau pejabat lainnya. Lebih spesifik lagi mungkin mengangkat masalah pembangunan negara.
Karena apa, karena pembangunan negara biayanya diambil dari APBN. Untuk membeli segala bahan-bahan, membayar tenaga sampai pembangunan itu selesai semua berasal dari APBN. Selain pmbangunan infrastruktur, APBN juga digunakan untuk kesehatan, pendidikan, ekonomi dan masih banyak lagi.

Lalu uang APBN itu darimana? Iyaa pertanyaan yang bagus, jika pembangunan-pembangunan itu diambil dari APBN, lantas darimana sumber APBN itu?

APBN berasal dari pemungutan pajak dan penghasilan dari BUMN-BUMN kita. Jadi apa yang selama ini kita bayarkan untuk pajak, ya disitulah uang kita sebagian dimasukkan kedalam APBN.

Pengertian APBN
Dilansir dari laman kitapunya.net, pengertian dari APBN adalah :

APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah daftar mengenai penerimaan dan pengeluaran negara untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun. Sebelum menjadi APBN maka disusun terlebih dahulu dokumen perencanaanya, disebut RAPBN (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). RAPBN adalah sebuah perencanaan anggaran yang terdiri dari pendapatan dan belanja negara untuk satu tahun yang akan datang. Dengan kata lain RAPBN disusun satu tahun sebelumnya, sebelum APBN mulai berlaku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Yang Dimaksud dengan Negara Kesatuan?

3 Sifat Negara : Memaksa, Monopoli dan Menyeluruh